WASPADA ANCAMAN VIRUS H1N1 ...!
jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar anda

Selasa, 31 Mei 2011

Vaksinasi Rabies di Badung

Dalam rangka mewujudkan Bali bebas rabies tahun 2012 upaya vaksinasi masal mulai digalakkan, kegiatan vaksinasi rabies secara massal di 5 kabupaten Badung, Buleleng, Denpasar, Karangasem, dan Tabanan akan dimulai tanggal 11 Juni. Vaksinasi rabies di Gianyar akan dilakukan mulai Juli.
Kegiatan vaksinasi rabies secara masal untuk bulan Mei berlangsung di tiga kabupaten meliputi Bangli, Klungkung, dan Jembrana. Sampai akhir Mei ini, ditargetkan tujuh ribu hewan pembawa rabies (HPR) khususnya anjing sudah divaksinasi di tiga kabupaten tersebut.

Kegiatan vaksinasi rabies di Bali tahun 2011 ini, dimulai di tiga kabupaten meliputi Bangli, Klungkung, dan Jembrana. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan akhir Mei. Disnak menargetkan sampai akhir Mei (selama 7 hari) HPR yang divaksinasi mencapai 7.000 ekor.

HPR yang telah tervaksinasi baru mencapai 4.553 ekor. Sampai akhir Mei ini, diharapkan target 7.000 anjing tervaksinasi dapat tercapai. Dipaparkan, total vaksinasi yang tersedia mencapai 340.000 dss. Pasokan vaksin tersebut untuk vaksinasi masal di seluruh Bali . Target sampai akhir program vaksinasi masal, HPR tervaksinasi di Bali diharapkan mencapai 300.000 ekor.

Kendala dalam penanganan vaksinasi rabies adalah banyak anjing yang akan divaksinasi masih berkeliaran atau belum diikat atau dikandangkan. Selain itu, anjing di pekarangan rumah tetapi pemiliknya tidak ada di rumah (rumahnya kosong). Permasalahan tersebut sedikit menghambat pelaksanaan program vaksinasi rabies secara masal.
Tapi hal tersebut bukan masalah pokok yang penting adakan sosialisasi terlebih dahulu agar masyarakat sudah siap dengan HPR jika jadwal vaksinasi akan dilaksanakan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar