WASPADA ANCAMAN VIRUS H1N1 ...!
jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar anda

Minggu, 22 Mei 2011

''Piodalan'' di Pura Batumadeg Besakih

Amlapura (Bali Post) -Bertepatan dengan hari Soma Manis, Tolu, Senin (23/5) hari ini dilaksanakan piodalan di Pura Batumadeg, Besakih. Pura Batumadeng yang juga dipuja aspek nirguna shiva, yakni Linggayoni, sesuai dengan Catur Dala di Pura Besakih, Pura Batumadeg diposisikan di arah utara. Konstelasi arah utara adalah stana Dewa Wisnu. Tak pelak, semua wastra di pura itu didominasi serba warna hitam.

Salah satu Jro Mangku di Pura Batumadeg, Jro Mangku Mara mengatakan di Pasraman Besakih, Minggu (22/5) kemarin, upakara di Pura Batumadeg Senin pagi ini termasuk upakara tingkat sederhana. Piodalan yang berlangsung setiap enam bulan ini berbeda dengan upakara peneduh jagat yang jatuh setiap tahun, persisnya pada Tilem Kalima. Pada upacara ini akan dipersembahkan upakara bebangkit gelar sanga.

Upakara tidak melibatkan sulinggih sebagai pemimpin upacara, melainkan hanya di-puput Jro Mangku Widiarta. Dirinya sendiri, sebagai Jro Mangku yang dituakan di Pura yang posisinya di utara kawasan Pura Besakih itu. Lama piodalan-nya tidak seperti piodalan tiap tahun Ida Batara nyejer tiga hari. Untuk upacara enam bulannya ini Ida Batara nyejer hanya sehari. (kmb11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar