WASPADA ANCAMAN VIRUS H1N1 ...!
jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar anda

Selasa, 07 Juni 2011

Mudah Dipelihara, Ikan Mas Koki tetap Jadi Incaran

Penghobi ikan tentunya sudah tidak asing lagi dengan ikan mas koki yang termasuk ikan langka. Ikan yang sebenarnya berasal dari Cina dan dibawa para pedagang Cina ini memiliki anatomi tubuh yang unik, salah satunya matanya yang melotot. Pemeliharaannya pun tergolong mudah.
Sangat sulit untuk membedakan ikan mas koki dengan jenis ikan mas lainnya saat masih kecil. Anatomi ikan mas koki baru terbentuk sempurna kurang lebih setelah berusia dua tahun.
Ikan mas koki dewasa mempunyai bentuk mata yang melotot dan menjorok keluar, tubuh bulat, ekor panjang dan lebar. Ikan yang normal biasanya ekornya lebih panjang dari tubuhnya dan bercabang tiga atau empat. Ikan ini juga memilik warna yang variatif seperti merah, hitam, putih, kuning, dan oranye
Ikan mas koki usahakan jangan menaruh ikan dewasa lebih dari enam ekor dalam satu gentong. Hal ini akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang ikan. Sementara untuk ikan yang masih kecil maksimal taruh 20 ekor dalam satu gentong. Kedalaman gentong juga diusahakan minimal 50 cm.
Selain di gentong atau kolam, ikan mas koki juga bisa dipelihara di akuarium. Namun ada sedikit perbedaan. Warna ikan yang dipelihara di akuarium terlihat lebih pudar karena tidak mendapat sinar matahari langsung. Selain itu, kebersihan air dalam gentong harus terjaga.
Kotorannya harus disedot tiap hari. Hal ini untuk menghindari penyakit jamur atau yang dikenal dengan white spot. Penyakit ini berupa bintik-bintik putih menyerupai tepung di sekitar tubuh ikan. Kalau sudah terjangkit jamur upayakan diobati dengan obat jamur.
Selain tempat dan kebersihannya, makanannya pun utamakan makanan alami. Makanan ini terbuat dari tepung, telur, madu, kacang hijau. Semuanya itu lalu dibentuk menyerupai lempengan besar kemudian dijemur.
Setelah kering, makanan ini siap diberi pada ikan dengan cara dikerik hingga menyerupai bubuk. Dia mengungkapkan, makanan jadi memang bisa membuat ikan cepat besar, namun tidak dari segi kesehatan. Gerakan ikan tidak begitu gesit dan ikan akan sering lemas jika diberi makanan jadi dari pabrik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar