WASPADA ANCAMAN VIRUS H1N1 ...!
jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar anda

Selasa, 14 Juni 2011

Kelompok Ternak Sapi Lembu Sari I Petang Dinilai Tim Provinsi Bali

Kelompok Ternak Sapi Lembu Sari I Desa Pelaga Kecamatan Petang menjadi duta Kabupaten Badung dalam lomba kelompok tani ternak sapi Tingkat Provinsi Bali. Penilaian dilakukan di Br.Auman, Desa Pelaga, Kec. Petang, Senin (13/6). Tim Penilai diterima Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Badung Ir. I Made Badra,MM, anggota DPRD Badung I Nyoman Giri Prasta, Camat Petang I Gst.Ngurah Jaya Saputra,S.Sos.MAP dan Perbekel Desa Pelaga I Made Ordin.
Ketua kelompok Tani Ternak Sapi Lembu Sari I I Wayan Siung menyampaikan bahwa kelompok tani ternak sebagai suatu organisasi para petani di daerah pedesaan dengan falsafah Tri Hita Kirana, yang mempunyai peranan penting dalam menunjang program pembangunan. Karena itu masyarakat Pelaga Petang mengupayakan komoditi peternakan yaitu sapi. Pemilihan komoditi sapi dikarenakan lahan yang diperlukan tidak terlalu luas, kebutuhan masyarakat terhadap sapi cukup banyak dan modal awal relatif sedikit. Melihat hal tersebut, maka masyarakat Desa Auman, Petang sepakat untuk membentuk kelompok petani ternak dengan nama Lembu Sari I, dan berupaya menjadikan ternak sapi sebagai sumber pendapatan untuk meningkatkan kesejahteraan peternak.
Lebih lanjut dikatakan bahwa tujuan membentuk wadah kelompok adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sebagai proses belajar mengajar antar kelompok, yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan produktifitas, pendapatan dan kesejahteraan anggota kelompok. Kepemilikan sapi di kelompok Lembu Sari I rata – rata 10 ekor per anggota, yang mana pembibitan sapi dilakukan dengan kawin tradisional dan inseminasi buatan. Jumlah anggota kelompok ternak sapi Lembu Sari I berjumlah 28 orang yang sudah dilengkapi dengan kepengurusan serta Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Badung Ir. I Made Badra mengatakan bahwa tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk mengangkat perekonomian masyarakat Badung dari pemeliharaan sapi, melaksanakan penyebaran ternak, memberikan bantuan penguatan modal, dan membina para peternak agar bisa meningkatkan taraf hidup peternak di pedesaan, dan juga bisa memotivasi kelompok agar bisa meningkatkan usahanya. Serta berharap agar dengan adanya lomba ini dapat menggugah perilaku masyarakat khususnya para peternak sapi di Kecamatan Petang, dan Kabupaten Badung pada umumnya, serta mengajak seluruh peternak dan komponen masyarakat untuk ikut bersama – sama berperan aktif, sehingga nantinya Badung menjadi gudangnya sapi di Propinsi Bali. Tahun 2010 Kabupaten Badung telah memiliki 427 kelompok peternak sapi dengan populasi mencapai 67.390 ekor.
Sementara itu Ketua Tim Penilai Provinsi Bali I Made Yasa Adnyana mengatakan bahwa lomba ini bukan semata- mata untuk menjadi juara melainkan merupakan ajang untuk evaluasi dari penerapan kegiatan – kegiatan di lapangan sehingga sesuai dengan apa yang sudah diberikan oleh tim baik dari kecamatan maupun tim dari kabupaten. Made Yasa juga berharap agar kelompok ternak sapi lembu sari I bersabar dan tetap bekerja sesuai kegiatan sehari – hari, sehingga Pelaga tetap menjadi sentra perkembangan populasi sapi potong di Kabupaten Badung Utara.
Sumber : www.badungkab.go.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar