WASPADA ANCAMAN VIRUS H1N1 ...!
jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar anda

Selasa, 14 Juni 2011

Kelompok Ternak Giri Marga Ayu Dinilai

Kelompok ternak ayam buras Giri Marga Ayu, Banjar Pegongan Desa Taman Kecamatan Abiansemal mewakili Kabupaten Badung, Senin (13/6) dinilai tim lomba kelompok ternak ayam buras tingkat provinsi. Penilaian ini diharapkan dapat menggugah perilaku masyarakat khususnya para peternak ayam buras di Kecamatan Abiansemal pada khususnya agar mampu meningkatkan produktivitas ternak ayam buras.
Ketua kelompok Ternak Giri Marga Ayu, I Putu Sunarta melaporkan Kelompok Giri Marga Ayu merupakan kelas kelompok madya yang berjumlah 26 anggota yang dikukuhkan 8 Desember 2007. Kepemilikan ayam buras di Kelompok Giri Marga Ayu rata-rata 243 ekor per anggota (populasi mei 2011 sebanyak 6.230 ekor). Bibit ayam buras ini berasal dari anggota kelompok yang dihasilkan dari penetasan buatan dan secara alamiah dan telah diseleksi sesuai yang dianjurkan oleh Dinas Peternakan Perikanan dan kelautan Kabupaten Badung. Dalam penanganan dan pencegahan penyakit, vaksinasi terhadap ayam buras dilakukan secara swadaya dan berkesinambungan, melaksanakan sanitasi kandang secara berkala dan mengadakan pencegahan dan pengobatan pada ayam yang sakit.

Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Badung, yang diwakili Ir. I Ketut Sumartana, M.P mengharapkan agar seluruh peternak dan komponen masyarakat untuk ikut bersama-sama berperan aktif sehingga Badung akan mampu mengembangkan ayam buras di Provinsi Bali. Disamping itu Ketut Sumartana menghimbau kepada masyarakat Badung agar meningkatkan kemampuannya dalam pengembangan ternak ayam buras, karena sektor ini mampu bertahan pada masa krisis dibandingkan sektor lainnya.
Disela sela penilaian Ketua Tim Penilai Provinsi Bali Ir. D. Frank Siung, mengatakan Desa Taman ini mempunyai potensi yang sangat besar untuk dijadikan sentral ternak ayam buras, dengan harapan kedepannya agar tumbuh lagi kelompok kelompok yang lebih banyak. Lebih lanjut Frank Siung menyampaikan lomba ini bukan semata-mata untuk mencari juara melainkan merupakan ajang untuk evaluasi dari penerapan kegiatan-kegiatan di lapangan.
Sumber : www.badungkab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar