WASPADA ANCAMAN VIRUS H1N1 ...!
jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar anda

Selasa, 07 Juni 2011

Budi Daya Gurami

Peluang budi daya ikan air tawar sangat berpeluang pemasaran tinggi dan bernilai ekonomi tinggi. Terbukti banyak rumah makan yang menawarkan menu ikan air tawar seperti gurami, lele, nila, karper, mujair dan lainnya. Untuk itu budi daya ikan air tawar, khususnya ikan gurami sangat berpeluang tinggi.
Ikan jenis gurami ( osphronemous gouramy ) telah dipublikasikan sejak tahun ratusan tahun silam sebagai ikan konsumsi dan termasuk ikan hias. Tekstur daging yang kompak dengan rasa yang gurih dan lezat membuat ikan ini menjadi salah satu ikan konsumsi air tawar yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.
Di Bali memang masih kecil petani yang mau ikut diajak mengembangkan budi daya ikan air tawar. Kebanyakan saat ini masih didatangkan dari luar Bali. Kebutuhan ikan jenis gurami. Bahkan selama ini harus mendatangkan dari Jawa dan sekitarnya,”
Ikan gurami memiliki alat pernapasan tambahan yang disebut labirin, yaitu selaput berlekuk-lekuk yang merupakan penonjolan dari tepi atas insang pertama. Labirin memiliki pembuluh darah kapiler yang dapat mengambil zat asam pada waktu ikan ini muncul di permukaan.
Dengan alat ini ikan gurami mampu menyerap oksigen dari udara bebas untuk pernapasan, sehingga ikan ini mampu hidup di air yang kandungan oksigennya rendah, seperti air yang tidak mengalir dan berwarna hijau karena ledakan populasi plankton. Namun di balik keunggulan tersebut, ikan gurami mempunyai kelemahan yaitu pertumbuhannya sangat lambat.
“Beberapa jenis induk gurami dengan berbagai sifatnya telah dikenal di lingkungan petani ikan. Ada tiga jenis induk gurami :
-jenis porselin dengan ukuran sedang namun produksi telurnya tinggi (10.000 butir/sarang).
- jenis blusafir yang ukurannya lebih besar namun produksi telurnya rendah (5.000 - 7.000 butir/sarang).
- jenis bastar yang tumbuh cepat dengan sisik besar dan produksi telur rendah (2.000 - 3.000 butir/sarang)
daerah lain dikenal dua jenis ikan gurami, yaitu angsa dan jepun. Gurami angsa berwarna putih abu-abu dengan sisik dan tubuh besar. Gurami jepun memiliki sisik tidak terlalu besar dan tubuhnya pendek dengan warna putih abu-abu dan kemerahan.
Jenis lain dikenal dengan gurami merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar